Rukayah

Rukayah itu namaku, lahir di kota Magetan yang asri pada 21 Juli 1976, SDN Kediren 2 langkah awal mengenyam pendidikan pada usia 8 tahun, melanjutkan ke M...

Selengkapnya
Navigasi Web
Fitur Zoom Meeting
dokumen Pribadi

Fitur Zoom Meeting

Perpanjangan bekerja Dari Rumah (Work From Home) sampai tanggal 21 membawa dampak yang signifikan di semua sektor termasuk pendidikan. Para guru dan dosen mengerjakan proses belajar mengajar dengan berbagai aplikasi yang yang telah saya ulas di artikel sebelumnya, seperti Edmodo, Classroom dan Whatshap. Aplikasi tersebut digunakan sebagai pembelajaran daring untuk tugas, kuis , unggah materi dan chatting. Aplikasi-aplikasi tersebut belum bisa memberikan fasilitas bertemu secara daring dengan beberapa siswa, atau melakukan interaksi dengan siswa secara langsung seperti di kelas.

Di Era kecanggihan teknologi ini sudah di ciptakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk dialog, interaksi, diskusi secara langsung tanpa harus bertemu seperti Zoom Meeting dan Cisco Webex, namun yang saat ini banyak digunakan adalah Zoom meeting . Aplikasi ini di ciptakan oleh Erik Yuan dari Cina. Seiring Corona di tetapkan sebagai Pandemi dunia maka aplikasi Zoom ini juga meraup pendapat yang fantastis. seperti yang di lansir di Inet.detik.com

Dalam 3 bulan terakhir menurut Financial Times, kekayaan Eric bertambah USD 4 miliar atau di kisaran Rp 66 triliun. Adapun harta totalnya diestimasi sudah USD 7,5 miliar, berdasarkan kepemilikan saham di Zoom.Tahun 2020 ini dipastikan ketenaran Zoom makin bertambah. Dari pegawai sampai pejabat banyak mengandalkannya untuk membahas berbagai hal secara online. Bahkan valuasinya kini sudah USD 35 milyar(https://inet.detik.com/cyberlife/d-4963393/kenalan-dengan-pencipta-zoom-yang-duitnya-bertambah-rp-66-triliun?single)

Zoom adalah Sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing. Aplikasi ini mengizinkan kamu untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, entah itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. Menariknya, semua percakapan via Zoom bisa direkam untuk dilihat lagi nantinya.

Zoom memberikan kemudahan bebas biaya atau gratis bagi penggunannya yang mendownload aplikasi ini melalui laptop. Namu bagi pengguna yang ingin melakukan pengelolaan secara lebih besar dan advance harus melakukan registrasi lebih dulu. Terlebih lagi jika Anda ingin melakukan konferensi online dengan lebih dari 1000 orang disaat yang bersamaan, Anda dapat mencoba menggunakan paket Enterprise Plus dengan harga mulai dari $19,99 per bulan (https://idcloudhost.com/mengenal-aplikasi-zoom-cara-install-dan-fitur-fitur-zoom-meeting-lengkap/)

Kita sebagai pengguna Zoom meeting ikut merasakan manfaatnya di saat situasi seperti ini. Di sini akan dijelaskan fitur-fiturZoom meeting secara umum :

1. Home (beranda)

Pada menu ini ada 4 menu yaitu :

a. New Meeting

Pada menu ini kita bisa memulai mengadakan meeting atau Vicon dengan siswa atau dewan guru, ketika kita klik gambar tersebut akan muncul ID yang akan kita bagikan pada siswa atau guru yang mengikuti meeting yang kita adakan. Dalam meeting tersebut kita bisa menggunakan video (video kita aktifkan), maka wajah atau aktivitas yang kita lakukan di depan layar akan kelihatan, namun jika kita menonaktifkaan video kita maka yang terlihat adalah profil yang kita gunakan di Zoom Meeting. Disini kita sebagai host atau tuan rumah pertemuan tersebut sehingga kita bisa menonaktifkan audio partisipan/siswa dan menjadikan mereka sebagai host.

b. Join Meeting

Join meeting ini digunakan apabila kita di undang mengikuti Vicon yang diadakan oleh orang lain dengan cara memasukkan ID di join meeting tersebut. Kita sebagai partisipan, namu juga bisa menjadi tuan rumah jika yang memiliki akun atau ID mempersilahkan kita menjadi tuan rumah atau host

c. Schedule

Di menu ini kita akan mengatur jadwal meeting yang akan kita laksanakan, mulai dari tanggal dan waktu. setelah pengatuaran jadwal maka di jadwal tersebut akan muncul notifikasi atau pemberitahuaan meeting kita.

d. Share Screen

Pada menu ini kita dapat membagikan apa yang kita tampilkan di laptop, di HP, di I-Pad atau di file kita, partisipan atau siswa dapat melihat apa yang kita buka baik yang di laptop, di HP, di I-Pad atau di file

e. Record

Jika kita sudah memulai meeting , maka kita bisa merekamnya, dan bisa di edit atau di unggah.

F. Chat

pada saat meeting sedang berlangsung kita bisa menuliskan chat baik secara pribadi, umum atau kepada host.

Demikian fitur-fitur Zoom yang disediakan secara umum

#Tantangangurusiana

Tantangan hari ke 15

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Saya sudah menggunakannya saat rapat dengan guru dan siswa ... Sangat membantu.. sehat dan sukses selalu Bu

05 Apr
Balas



search

New Post