Rukayah

Rukayah itu namaku, lahir di kota Magetan yang asri pada 21 Juli 1976, SDN Kediren 2 langkah awal mengenyam pendidikan pada usia 8 tahun, melanjutkan ke M...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penanganan Wabah di Zaman Rasul dan Para Sahabat

Penanganan Wabah di Zaman Rasul dan Para Sahabat

Di tengah pandemi Covid 19, ada kebijakan belajar dirumah dengan tujuan untuk memutus penyebaran virus tersebut. Pembelajaran di rumah dilakukan secara daring, kebijakan ini juga disertai himbauan bahwa pembelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan, serta di fokuskan pada pendidikan kecakapan menngenai pandemi corona 19.

Aktifitas belajar bervariasi antara peserta didik, memperhatikan fasilitas masing-masing peserta didik, bukti atau produk aktifitas belajar diberi umpan balik yang bersifat kualitatif yang berguna bagi guru tidak harus memperikan skor atau nilai kuantitatif.

Berdasarkan hal tersebut, maka sebagai guru berusaha memberikan tugas seperti yang di anjurkan, pemberian tugas itu terkait Covid 19 yang dikaitkan dengan materi Iman pada Rasul, dimana peserta didik mencari upaya-upaya yang dilakukan Rasul dan para sahabatnya dalam menangani wabah yang terjadi pada saat itu untuk dijadikan sumber atau pijakan dalam menangani wabah tersebut. setelah membaca dan melihat tugas yang dikumpulkan kelas XI UPW lewat Claasroom banyak pelajaran yang di dapat. Tugas ini diberikan dengan tujuan peserta didik dapat memahami dan menganalisis kejadian tersebut dan menjadikan mereka agar menjadi orang yang literat, tidak mudah termakan isu hoax, karena mereka diminta untuk mencantumkan sumber tulisan atau tugas mereka.

dalam artikel ini saya akan menguraikan sebagian tugas kls XI UPW yang mungkin kita belum sempat membacanya, disini akan saya tampilkan tugas-tugas tersebut beserta analisisnya :

Dalam hadis tersebut di jelaskan bahwa di zaman Rasulullah ada wabah yang sangat berbahaya yaitu Tha'un (penyakit menular) . Cara mengatasi wabah tersebut Rasulullah menganjurkan untuk tidak mendatangi wilayah yang terkena dan jangan lari dari tempat tersebut jika sudah terkena tetap diam di rumah, kalau sekarang istilahnya isolasi.

Di kala wabah virus corona jenis baru (Covid-19) menjangkiti dunia saat ini, kita perlu mengambil pelajaran dan hikmah dari sejarah masa lalu. Dahulu, di era Rasulullah SAW wabah penyakit juga pernah menjangkiti Madinah. Dalam buku Tahdzib Sirah Ibnu Hisyam karya Abdus Salam Harun dijelaskan mengenai kisah para sahabat yang terjangkit wabah. Kisah itu salah satunya terekam dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah. Dari Aisyah rhadiyallahu anha, dia berkata, “Ketika Rasulullah SAW tiba di Madinah, kota itu adalah sarang wabah penyakit demam. Banyak dari sahabat Rasulullah SAW yang tertimpa wabah tersebut. Namun Allah SWT menghindarkan Rasul-Nya dari penyakit itu. Ketika Abu Bakar, Amir bin Fuhairah, dan Bilal tinggal di dalam satu rumah, mereka semua terserang penyakit demam. Maka aku pun datang untuk menjenguk mereka (peristiwa ini terjadi sebelum perintah menggunakan jilbab). Hanya Allah yang tahu tentang beratnya sakit yang mereka alami. Aku pun datang dan menemui Abu Bakar dan menyapanya, ‘Bagaimana kabarmu, wahai ayahku?’. “Lalu Abu Bakar pun menjawab: ‘setiap orang boleh bersenang-senang bersama keluarganya di waktu pagi, padahal kematian itu lebih dekat dengannya daripada tali sandalnya,’. Demi Allah, Abu Bakar tidak sadar dengan apa yang diucapkannya. Kemudian aku datang menemui Amir bin Fuhairah dan bertanya kepadanya, 'Bagaimana keadaanmu?'. “Amir pun menjawab ‘Sungguh aku telah merasakan kematian sebelum aku mengalaminya. Sesungguhnya seorang pengecut selalu berteriak dari atas. Setiap orang pasti berusaha sekuat tenaga, seperti sapi yang melindungi kulitnya dengan tanduknya,’. Demi Allah, Amir tidak sadar dengan apa yang ia ucapkan. Sedangkan Bilal apabila terserang demam itu, ia berbaring di halaman rumah sambil berseru,”. “Bilal berkata, ‘Duhai, bisakah aku bermalam semalam saja di Fakh (nama tempat di luar kota Makkah)? Sementara di kanan dan kiriku terdapat idzkir dan jalil (idzkir dan jalil adalah nama sebuah tanaman yang harum baunya). Duhai, bisakah aku singgah di mata air Majannah (nama sebuah pasar di era Jahiliyah), dan bisakah aku menatap sekali lagi Bukit Syaamah dan Thafil (nama dua gunung di Makkah),’. Kemudian aku menceritakan apa yang aku saksikan kepada Rasulullah SAW,”. “Kukatakan kepada beliau (Rasulullah), ‘Mereka tidak menyadari apa yang mereka ucapkan karena parahnya demam yang menyerang mereka,’. Mendengar itu, Rasulullah SAW pun menjawab, ‘Ya Allah, jadikanlah kami mencintai Madinah sebagaimana kami mencintai Makkah atau bahkan lebih dari itu. Berkahilah mud dan sha-nya (barang-barang yang ditimbang dengan mud dan sha. Satu mud sama dengan dua rithal bagi penduduk Irak. Dan sepertiga rithal bagi penduduk Hijaz. Sedangkan satu sha sama dengan empat mud bagi penduduk hijaz), serta pindahkanlah wabah yang menimpanya ke Mahya’ah, yaitu Juhfah yang merupakan miqat penduduk Syam.” (REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --)

Itu contoh sebagian tugas yang dikirimkan ke anak, kita sebagai guru jangan memberikan beban terlalu berat kepada peserta didik,Mari kita bersatu melawan COVID 19 bersama. Bersama kita bisa...Ramadhan bebas Corona, aamiin

#Tantangangurusiana

Tantangan hari ke 16

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin, semua mengingatkan kita utk lbh meningkatkan ibadah ya, bu

05 Apr
Balas

Semoga bencana ini segera berakhir.

05 Apr
Balas



search

New Post